Tutorial Blogger 1 - Trik menentukan keyword yang tepat

No Comments
Tutorial Blogger - Langkah pertama Blog Baru 2015



Menentukan akan berada dimana kita saat baru memulai ngeblogger? Ada 3 macam market yang akan kita hadapai nantinya dan kita harus memilihnya dengan bijak.

1. Market niche dengan Traffic rendah
2. Market padat dengan Traffic tinggi
3. Market niche dengan Traffic tinggi

Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah menentukan pilihan dari salah satu ketiga tipe market tersebut. Masing-masing akan ada resikonya sendiri-sendiri. Dan kalau boleh saya ibaratkan begini :

1. Market niche dengan Traffic rendah.

Kita ingin cari cewek yang persaingannya rendah atau jarang ada cowok-cowok yang menyukainyainya, hehehe (ibaratnya begitu). Artinya jika kita nalar, pada umumnya cowok-cowok yang memiliki tampang sedang sampai yang ganteng jelas memiliki kecenderungan suka melihat kriteria cewek yang cantik (jelas sekali), sifatnya baik, yah juga yang nggak blo'on2 amat gitu. Dan beberapa faktor penunjang lain seperti dianya kaya raya, berkarier di perusahaan bonafit dan smart. Akhirnya apa, jika kita memilih untuk mengambil option yang pesaingnya rendah maka kita setidaknya mengabaikan beberapa diantara faktor positif tersebut. Tidak cantik (marketnya kurang bagus pada segmen iklan adsensenya), tidak kaya raya (iklan yang kita segmentasikan harga iklannya kurang bagus), dll. Jadi yang dimaksudkan disini adalah jika kita berusaha mencari pasar persaingan yang jarang diminati oleh blogger mungkin karena segmentasinya kurang bagus yang nantinya akan berimbas pada pendapatannya. Begitulah kira-kira. Bermain di market yang terlalu niche efeknya juga akan terasa pada visitor kita yang juga terlalu jarang.

2. Market Padat dengan Traffic yang Tinggi

Sudah menjadi hukum alam, Ada banyak ikan dilaut akan ada banyak jaring pula disana. Jangan pernah meremehkan hal ini jika kita masih blogger pemula. Karena kita hanya akan menjadi sekerumunan orang yang tinggal mendapati sisa-sisa. Bukannya saya mematahkan semangat anda untuk tidak percaya diri masuk kesana, logikanya dalam pasar yang terlalu padat beberapa bagian blogger akan mati-matian merebut posisi page one. Segala kemampuan mereka akan dikerahkan untuk bisa masuk pada halaman pertama dan saling jegal-menjegal satu sama lain. Sehingga banyak diantara mereka yang berebut posisi page one dengan merogoh uang yang tidak sedikit. Mereka sangat ganas,begitulah kondisi Market Padat dengan Traffic yang Tinggi.

3. Market niche dengan Traffic Tinggi

Uraikan saja ide-ide dari konsep pikir anda sendiri, kemudian tuangkan ide tersebut ke dalam kontent blog anda. Kali saja ide anda tersebut memiliki pasar yang niche di search engine. Jika ternyata ide anda tersebut bukan termasuk niche market maka sebaiknya anda mencari ide atau keyword lain yang cukup dekat dengan apa yang anda sukai. Suka-sukalah bereksperimen dengan macam-macam keyword. Karena tool yang disediakan oleh Google akan sangat membantu anda dalam pencarian keyword yang tepat. Goole akan senantiasa mendampingi anda dengan berbagai macam tool-tool supernya.

Kedua tool tersebut adalah Google.com dan Google Adwords. Gunakanlah kedua tool super tersebut sesuka hati anda untuk mencari-cari keyword yang sesuai dengan keinginan anda. Kedua tool tersebut memang sengaja disediakan google secara free, jadi anda tidak perlu khawatir coba-coba tes berbagai macam keyword. Silahkan anda kunjungi

https://www.google.com
https://adwords.google.com/ko/KeywordPlanner/Home

Pakai layanan Google.com untuk mencari seberapa padat market atau pesaing anda. Ketikkan keyword anda pada kolom search di google.com. Setelah itu anda lihat hasilnya dibawah kolom search. Misal saya ambil contoh saja Keyword "ternak tawon". Ketikkan saja tulisan " ternak tawon" tanpa tanda petik ya. Contoh penampakannya seperti ini:


Niche market, yap itulah jumlah pesaing kita di market yang memiliki keyword "ternak tawon". Pesaing yang memiliki keyword yang relevan dengan "ternak tawon" adalah sejumlah 75.600, bagi saya ini termasuk pasar yang niche/masih jarang. Langkah kedua adalah langsung masuk ke layanan google adwords. 




Cukup bagus menurut saya, dalam sebulan ada sekitar 7.000an pencarian mengenai keyword ini. Niche market menurut saya meski dalam jumlah segitu masih tergolong sangat minim. silahkan anda modifikasi keyword anda sendiri. Tes dan lihat hasilnya. Saya contohkan lagi satu keyword yang market atau persaingannya sangat luar biasa padatnya. Dan jika anda tertantang untung memasukinya, silahkan anda bersaing pada keyword "gift", disana ada lebih dari 1,7 Milyar pesaing siap menanti anda. Hahahaha! Berikut screenshotnya: