Cara membuat forum pada blogspot dengan Nable

No Comments
Cara membuat forum pada blogspot dengan Nable - Beberapa blog mungkin akan memiliki pengaruh yang besar ketika blog tersebut memiliki sebuah wadah diskusi yang terarah seperti sebuah forum diskusi pada beberapa tema tertentu. Tentu ini akan membawa blog anda pada popularitas yang tinggi jika beberapa topik yang dibahas di forum anda begitu menarik dan begitu dibutuhkan beberapa orang tertentu. Sehingga dari banyaknya traffic yang masuk akan semakin mendongkrak pula kualitas rank anda di search engine.

Membuat forum pada blogspot dengan bantuan Nable cukup sederhana karena menurut saya pribadi nable memberikan kemudahan dan kebebasan. Beberapa langkah yang harus anda lakukan adalah

1. Silahkan kunjungi situs nabble.com
2. Daftar dan lengkapi sesuai biodata anda
3. Isilah form untuk judul forum anda dan deskripsinya juga
4. Setelah registrasi selesai silahkan menuju email yang anda daftarkan tadi dan klik link konfirmasinya untuk melengkapi proses registrasinya. Jika link belum dikonfirmasi maka forum anda belum bisa di otak atik.
5. Setelah klik link konfirmasi maka anda akan dibawa langsung ke forum anda.


6. Untuk mengubah Tampilan pada forum klik Option - Application - Change appearance. Tampilan tersebut meliputi edit model fonts beserta besar kecilnya, warna latar, border, dll, silahkan kreasikan sendiri. 


7. Untuk mengubah jenis tampilan yang awalnya forum bisa dubah-ubah jadi type lain dengan cara klik Option - Structure - Change type. Tetap pilih kategori forum untuk membuat sebuah forum.
8. Kemudian pilih Option -  Structure - Create new sub-forum.

Selanjutnya anda tinggal mengisi rincian dari beberapa kategori, dan anda sudah memiliki forum aktif. Selebihnya hanya sebuah rincian kecil yang harus anda lakukan seperti menyesuaikan avatar dan signaturenya (yournickname > account setting), Melakukan ijin perubahan  yaitu Option - User - Permissions.  Selanjutnya untuk menghubungkan dengan blog maka ambil kode scriptnya melalui Option - Embedding Options. Copy kodenya disana dan paste pada halaman baru pada blog anda dengan settingan HTML, Selesai. Anda sudah memiliki forum yang sudah dibuat dari Nabble.