3 cara menaikkan traffic blog yang sering terlupakan

No Comments
Menambah atau menaikkan traffic blog dengan cara sederhana - meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic pada blog adalah tujuan utama dari segala aspek blogger, entah itu yang namanya SEO bla bla bla dan lain sebagainya tetap tujuannya merujuk pada bagaimana seorang blogger dapat menjaring pengunjung sebanyak mungkin dan mereka juga akan terus berpikir untuk meningkatkan secara terus menerus tiap harinya.



Jadi itulah PR(pekerjaan rumah) sebenarnya dari para blogger tiap harinya. Tidak perduli apa pokok bahasannya yang penting bisa menarik perhatian visitor baru maupun visitor yang berulang kunjung. Sebisa mungkin blogger yang sejati akan mencoba berpikir lebih depan dari para visitornya. Apa yang akan menjadi topik menarik esok sampai lusa dan seterusnya akan mereka tebak dan raba untuk bisa menyiapkan hal menarik perhatian para visitor. Beberapa hal tersebut bisa dikategorikan sebagai berikut:



     Dari sisi ini seorang blogger wajib dituntut untuk mampu memuat apa yang sedang dipikirkan publik saat ini esok dan seterusnya. Jadi berpikirlah seperti mereka untuk bisa menyelami apa yang sedang mereka pikirkan. Dari hari ke hari akan ada beberapa topik bahasan yang bersifat estafet. Jadi secara kronologis sifat dari trending topik itu sendiri akan dibawa dalam versi yang berbeda-beda dan lambat laun akan terus berubah.


       Ada analogi cara kerja yang pernah saya baca dalam sebuah buku inspiratif yang mengatakan bahwa ada salah seorang pegawai perusahaan anggap saja si A yang cukup menonjol diantara 20 orang pegawai lainnya. Seorang leadernya menanyakan hal dasar pada 19 orang pegawainya tadi, "kenapa hasil target diantara kalian tidak pernah bisa mengalahkan target si A? Jabatan kalian sama-sama marketing dan tidak ada perlakuan khusus perusahaan diantara kalian semua termasuk si A. Sebenarnya apa yang berbeda antara kalian dengan si A sehingga target dari si A selalu 5 kali lebih besar dari rata-rata target kalian?" 19 orang pegawai tadi termenung dan diam tanpa kata karena tidak bisa menjawab pertanyaan sang leader. Singkat cerita sang leader pun mengungkapkan jawaban dari pertanyaannya tersebut, " perbedaan antara kalian dengan si A adalah kalian bekerja dengan sangat standar sedangkan si A selalu berpikir 5 kali lebih besar dari kalian dan bekerja 5 kali lebih keras dari kalian". 
      Begitulah kira-kira rahasia sederhananya, jika kita berpikir sederhana mana mungkin kita bisa menebak apa yang sedang terpikirkan oleh visitor. Sehinngga trendeng topik yang akan didapat adalah trending topik yang sudah usang. Coba berpikir dan bekerja paling tidak selangkah lebih maju dari publik. Tebak akan ada booming apa dalam seminggu atau sebulan ke depan. Turnamen piala dunia kah? Pilpres kah? Korupsi kah? Fashion kah? 
        Sederhananya begini, orang pada asyik nongkrong di warung kopi bahas turnamen piala dunia malah anda lebih asyik bahas efek pemanasan global. Kontras sekali bukan, kalau kita berniat untuk mencari uang maka perhatikanlah kebutuhan calon konsumen kita. Coba gali lebih detil lagi.


3. Pahami suhu perubahan disekitar anda

        Perlu anda pahami bahwa ada hal yang tidak bisa kita hindari dari adanya proses perubahan, apakah itu, hal tersebut adalah perubahan itu sendiri. Kita tidak akan lepas dari proses perubahan, mau tidak mau kita yang harus mengikuti alur perubahan tersebut. Jangan pernah idealis mengenai hal ini karena anda sendiri yang akan tergerus oleh masa perubahan.
Dalam dunia blogger juga banyak terasa beberapa perubahan yang terkadang tanpa disadari kita sudah tertinggal cukup jauh dibelakang. Beberapa contoh yang bisa kita lihat trend pencarian visitor menggunakan perangkat mobile saat ini mulai booming sehingga blog yang tidak mobile friendly akan sedikit demi sedikit tergeser