Artikel panjang ataukah pendek tapi berkualitas??

No Comments
Artikel panjang ataukah pendek tapi berkualitas? - Tidak bisa dipungkiri jika harus membandingkan sebuah artikel postingan pada blog antara yang panjang dan pendek manakah yang lebig bagus? Tentu saja artikel yang panjang karena jauh lebih mendeskripsikan pokok bahasannya. Bagaimana kriteria artikel yang bisa dibilang panjang, tentunya artikel yang sesuai dengan yang diinginkan google ada yang mengatakan kisarannya diatas 600 kata. Silahkan baca mengenai cara menghitung suku kata dalam sebuah artikel. Artikel panjang bukannya sekedar artikel yang panjang suku katanya terdiri dari 600 saja melainkan jika dihitung secara mayoritas isinya tentang gambaran dari sumber topik yang dibahas. Berbeda halnya jika yang dijumpai disana adalah beberapa suku kata yang diulang-ulang sehingga isi dari artikel tersebut memenuhi target yang ditentukan. 

Jika yang anda lakukan adalah melakukan perulangan beberapa suku kata pada tiap baris atau juga pada tiap paragrafnya ini sama saja menyepam artikel anda sendiri. Dan perhitungan artikel spam adalah ditandai dengan banyaknya perulangan kata yang terjadi disana (artikel yang dibahas). Hal ini tidak akan menjadikan sebuah predikat yang bagus pada artikel anda, melainkan menjadi sebuah senjata yang akan mematikan blog anda sendiri. Contoh perulangan kata yang biasanya terjadi pada artikel spam: "sangat ..... sekali", "amat sangat .... sekali", seperti itu contohnya.


Ditinjau dari bahasa SEO, perulangan kata terjadi pada keyword dari pokok bahasan dari artikel itu sendiri. Tidak diharuskan jika hanya memanjangkan ekor suku katanya saja sehingga membuat artikel kaya dengan kata-kata yang sebenarnya tidak perlu untuk diperpanjang. Otoritas artikel yang bagus tentunya berkriteria pada pembaca yang banyak menyukainya. Pembaca yang banyak menyukai artikel anda pasti ia akan terngiang dengan apa yang anda deskripsikan pada artikel. Sehingga efek opium dalam membaa artikel anda akan tertanam dalam benak si pembaca.

Jika diharuskan memilih antara kategori artikel panjang tapi bertele-tele dengan artikel yang pendek namun dari segi bahasanya berkualitas maka yang akan dipilih pembaca adalah artikel yang kedua. Artikel yang berkualitas dilihat dari segi bahasanya yang menyenangkan dan sederhana dalam arti mudah dimengerti oleh si pembaca. Terkadang ada beberapa bagian orang yang tertular oleh bahasa yang alay atau berlebihan, ini yang akan membuat konteks bahasan menjadi kurang fokus dan akibatnya kurang disukai pembacanya. Bahasa yang bertele-tele dan berputar-putar akan menjadikan pembacanya bingung dan ddapat dipastikan mereka akan langsung menutup artikel anda dan berpindah ke artikel orang lain. 

Buatlah artikel yang dapat menginspirasi pembacanya untuk terus menikmati karya tulis anda. Sehingga si pembaca akan terus penasaran dengan artikel-artikel anda lainnya. Beri mereka kejutan-kejutan tertentu jika isi dalam artikel anda mengenai semacam tutorial sebuah bisnis online menjanjikan maka buatlah mereka untuk segera take action tempo itu juga. Lakukanlah cara-cara seperti demikian dan anda pasti tahu caranya karena anda juga adalah seorang pembaca.