Cara Blokir Iklan Popup di mozilla dan google chrome

No Comments
Cara Blokir Iklan Popup di mozilla dan google chrome - seringkali kita jumpai beberapa iklan yang ketika kita klik entah untuk mengkopi halaman artikel atau ingin menggerakkan page ke bawah atau ke atas halaman artikel tiba-tiba muncul sebuah iklan yang tidak kita ketahui dan ini sangat mengganggu sekali bagi pembaca atau pengunjung. Iklan ini memang sengaja diblurkan atau sengaja tidak dibuat nampak pada page sebuah blog atau web sehingga ketika kita melakukan sebuah klik maka otomatis iklan tersebut akan langsung muncul dan menutupi halaman bacaan.

Iklan popup seringkali muncul hampir pada semua browser yang umum dipakai oleh netizer. Pada Mozilla, Google chrome, Opera, Safari, dan browser-browser lainnya. Seringkali yang membuat kita jengkel adalah ketika kita mau mendownload sebuah file video atau mp3 tiba-tiba button unduhnya tidak berfungsi dan sebaliknya menambah kejengkelan dengan munculnya iklan yang tidak diundang di hadapan kita. Saking mengganggunya, dikala orang yang tidak sabar dihadapkan dengan hal semacam ini pasti mereka langsung mengabaikannya dan langsung menutup web tersebut tanpa banyak pikir. Negatif memang efeknya karena iklan tersebut membuat ricuh pengunjung.

Dalam hal ini ada beberapa iklan popup yang kategorinya cukup mengganggu, salah satunya adalah sebuah iklan yang terkadang tanpa kita sadari ternyata iklan popup tersebut sudah terinstal pada browser yang kita pakai. Hal ini mengakibatkan setiap aktivitas browsing yang kita lakukan pada kunjungan web manapun akan selalu bermunulan iklan-iklan tersebut. Yang berikutnya adalah iklan popup yang akan muncul saat kita mengunjungi sebuah website tertentu, iklan semacam ini memang sengaja digenjarkan pada web mereka untuk menjaring klik dari para pengunjungnnya. Dan yang paling mengesalkan lagi adalah iklan-iklan yang nampak hampir 90% menutupi halaman bacaannya sampai-sampai proses untuk membuka satu page pada website tersebut memakan waktu yang cukup lama karena begitu banyaknya iklan yang bertebaran disana.

Ada beberapa sebab iklan-iklan popup tersebut tiba-tiba muncul pada sebuah halaman web tertentu ataupun pada saat kita membuka jendela atau tab baru, berikut penyebabnya:

A. Iklan pada button Download

Mayoritas netizer saat dihadapkan dengan dunia online pasti tidak akan lepas dari aktivitas download. Sehingga banyak sekali yang akan memanfaatkan potensi ini untuk bisa menjaring iklan melalui tipuan tombol menyerupai download dan terkadang memang ada yang sengaja menyisipkannya pada tombol tersebut sehingga pengunjung yang menginginkan file tersebut mau tidak mau harus menekan beberapa kali tombol tersebut untuk syarat sampai pada tombol aslinya. Ada juga yang memang sengaja mengelabuhi netizer dalam proses downloading, sengaja di page download disuguhi beberapa button download yang membingungkan dan ternyata tidak kita sadari bahwa yang kita klik tersebut adalah sebuah iklan popup.

B. Iklan dengan sengaja diinstall oleh pemilik situs

Salah satu cara bagi para blogger dalam mengais uang salah satunya memang dari iklan-iklan popup yang bisa-bisa tindakan ini sangat menjengkelkan pengunjungnya. Dengan diselipkannya pada blog maka iklan-iklan popup tersebut akan otomatis muncul ketika pengunjung mencoba klik link-link tertentu.

Ada beberapa cara untuk memblokir iklan popup tersebut supaya tidak bermunculan secara liar di browser kita salah satunya adalah menginstall plugin adblock, karena akan cukup menyulitkan kita dalam mencari software instalan popup tersebut karena jika kita cari di control panel - add remove program tidak akan kita temui.

1. Memasang Adblock plus pada browser mozilla, langkah-langkahnya sebagai berikut:

   - Buka browser mozilla anda
   - Kemudian buka https://adblockplus.org/
   - Kemudia cari button Install for Firefox
   - Install plugin tersebut pada firefox anda dan restart firefox anda

2. Memasang Adblock Plus pada browser Google Chrome anda. Caranya sama saja dengan yang ada di Mozilla firefox.
   - Buka browser google chrome anda
   - Kemudian buka https://adblockplus.org/
   - Kemudia cari button Install for Chrome
   - Install plugin tersebut pada Chrome anda dan restart Chrome anda

Cukup sederhana cara blokir iklan popup pada browser mozilla dan google chrome, sehingga kenyamanan anda dalam browsing tidak terganggu lagi oleh iklan liar.