Cara menembus halaman pertama SERP tanpa Link building

No Comments
Cara menembus halaman pertama SERP tanpa Link building - SEO tanpa Backlink itu mustahil, begitulah anggapan para pakar SEO lokal kita yang sudah berpengalaman entah seluruh halamannya berada di ranking 1 atau tidak dengan berbagai upayanya selama ini membangun mati-matian backlink. Apakah itu backlink? Oke akan saya review kembali pengertian dari backlink adalah sebuah link jika diklik akan membawa user ke situs lain, contohnya link ini , klik di sini , Contoh , Contoh.com ,  http://www.contoh.com. Sebelumnya juga pernah saya bahas membangun SEO dengan sedikit link.

Tembus SERP tanpa link building
Link bisa berbentuk sebuah teks ataupun gambar. Jika link berupa gambar maka disana sudah ada anchor text link / tag alt gambar. Sebuah gambar atau image yang sudah di sisipi sebuah link dulunya sangat membantu user untuk mencapai sebuah kunci target yang dicari namun saat ini sudah tidak lagi seperti itu. Belakangan ini sudah menjadi sebuah kontra produktif untuk memiliki format link semacam itu. Sebuah situs web yang saat ini memiliki banyak link semacam itu tanpa ada link image bermerek (sebuah nama perusahaan besar atau merek populer) hanya akan menandakan pada google bahwa pemilik situs melakukan taktik manipulasi link.

Sebuah study kasus pernah saya temui pada Mei 2013 mengungkapkan bahwa beberapa situs besar milik orang bule yang berada pada ranking pertama di google ternyata tidak memiliki banyak backlink, Percobaan tersebut diperhatikan pada beberapa site berikut:

- Peringkat pada halaman pertama Google untuk kategori "tool seo modern" dengan alamat situs  (http://bloggingconsult.org/modern-seo-tools-rank-high-google-first-page/) menunjukkan hanya memiliki 2 backlink dofollow

- Sebuah site perusahaan dengan kata kunci "lantai Gym" dengan alamat situs (http://www.rubberflooringinc.com/) berada pada peringkat halaman pertama Google yang hanya menunjukkan 3 backlink dofollow

Sam Sinton dan timnya di Wpsquare.com mendominasi halaman pertama Google untuk 'theme adsense wordpress', dengan URL (http://www.wpsquared.com/wordpress-themes-for-google-adsense/) halaman menunjukkan hanya satu backlink dofollow.

Site yang menyediakan layanan untuk cek backlink sebuah web adalah  https://moz.com/researchtools/ose/. Jadi apa saja faktor yang mempengaruhi beberapa site yang menduduki peringkat tinggi dan mendominasi halaman pertama google.

1. Mengikuti ketentuan dari Webmaster

    "Secara umum, webmaster dapat meningkatkan peringkat situs mereka dengan menciptakan situs berkualitas tinggi yang akan ingin pengguna untuk menggunakan dan berbagi. Untuk informasi lebih lanjut tentang meningkatkan visibilitas situs Anda di hasil pencarian Google, kami sarankan mengunjungi Academy Webmaster yang menguraikan konsep inti untuk menjaga situs Google".

silahkan anda baca sendiri mengenai pedoman mengenai webmaster disini. Jika Anda taat dan terperinci mengikuti pedoman webmaster berarti anda telah memecahkan 55% dari tugas yang diperlukan.

2. Berinvestasi melalui konten yang berkualitas

Sekali lagi pada era ini pemasaran sebenarnya adalah mengacu pada konten untuk mesin pencari dan untuk mencapai peringkat No 1 di halaman pertama Google, konten adalah raja!

Siapakah sebenarnya yang harus anda puaskan dari semua ini. Haruskah anda menyenangkan Google ataukah menyenangkan pengguna Google? Untuk menembus halaman pertama Google bukanlah Google yang harus anda puaskan melainkan puaskan dan senangkan si pengguna Google, itulah kuncinya. Apa dasar google menilai sebuah site tidak lain adalah melihat dari jumlah visitornya bukan. Menyenangkan dan memuaskan user Google adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Pemilik site membutuhkan visitor untuk sumber penilaian dari Google dan Google sendiri akan menilai site anda dari visitornya. Sehingga jelas beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah:

- Membuat halaman konten dan posting untuk pengguna atau visitor, bukan semata untuk mesin pencari.
- Mulailah menulis dengan gaya bahasa yang mengalir bebas; pastikan konten anda adalah natural (bukan duplikat konten) dan organik.
- Membuat penelitian topik dan membuat rancangannya dulu sebelum anda benar-benar mempublikasikannya.
- Membuat artikel Anda dan konten yang menarik, menginspirasi, membantu, dan menginformasikan kepada pembaca atau visitor.
- Berkreasilah dalam segi kualitas gambar yang bagus dan indah ataupun melalui sebuah video dalam postingan anda.
- Usahakan kata kunci menyambung secara variatif dan jangan terlalu memadati kata kunci pada postingan.
- Memperbarui dan mempublikasikan isi posting blog secara berkala atau rutin tiap harinya
- Meningkatkan panjang postingan anda supaya lebih mendeskripsikan (rekomendasi 1200-2000 jumlah suku kata). Silahkan baca disini untuk menghitung suku kata pada postingan anda.
- Silahkan melakukan revaluasi secara acak pada tiap-tiap postingan anda untuk menelusuri ulang kualitas dari postingan anda sendiri. Coba berpikir layaknya seorang pembaca dalam segi ini.
- Cek pesaing anda yang memiliki konten serupa dan usahakan mempublikasikan konten yang lebih rinci dari yang mereka publikasikan.
- Buat website anda dengan informasi terbaik, terlengkap dan kaya akan sumber yang tersedia dimana saja. Hal ini akan merangsang pembaca untuk tetap terkunci pada website anda.
- Menciptakan beberapa nilai tambah pada website anda.

3. Berinvestasi pada blog atau site yang berkualitas

Beberapa orang cenderung menghindari kebenaran, sebagian besar komitmen Google pada mesin pencarinya adalah untuk kepuasan para penggunanya. Dan algoritma Google telah di upgrade untuk lebih dominan dan ditekankan pada blog/website yang berkualitas. Google telah memperlihatkan secara jelas bahwa komputasi kecepatan akan sebuah situs mereka adalah salah satu faktor mendorong peringkat mereka. Solusi yang jelas adalah mengurangi sedikit tema blog yang bisa mendorong kecepatan loading web anda. Cobalah gunakan tema dari Google dengan desain yang ramah dan menyegarkan.
- Kecepatan dan lama loading website anda
  Google mengatakan bahwa jika Anda menggunakan platform wordpress untuk membangun blog atau website anda, anda disarankan untuk menginstal W3 Total Cache Plugin
- Biarkan desain web atau blog anda sederhana dan ramah
  Google lebih menyukai penataan struktur web yang memungkinkan untuk navigasinya mudah dan dapat diindeks oleh web crawler. Untuk itulah banyak disarankan pada blog atau site agar ditambahkan pula sitemap. Menurut Google, sitemap ini memudahkan pengguna untuk melihat sekitar blog anda.

4. Aktif share di Media Sosial

Ada beberapa kesimpulan yang bisa saya tangkap disini, Google cukup menaruh perhatian pada sinyal yang anda sediakan melalui media-media sosial. Messkipun belum tahu secara pasti sumbernya dari situs media sosial yang mana saja. Semakin aktif anda berbagi, berkolaborasi dan mendapatkan feddback melalui link yang menuju ke blog anda akan semakin mendorong blog anda pada peringkat SERPs. Ambil saja beberapa situs media sosial terpopuler, rekomendasinya adalah:

1. Twitter
    Lakukan twitting postingan anda disana tiap hari untuk dapat pengikut yang banyak dan menghasilkan pengunjung besar melalui link menuju blog anda.
2. Facbook
         Bebagi link disana melalui beberapa grup aktif sesuai tema blog anda.
3. Google plus
         Bagi link post beserta gambar-gambar yang menarik disana dengan memanfaatkaan dilingkaran pribadi anda
4. Aktif di pinterest dan linkedin.