Konsep-konsep penting dalam SEO bagian pertama

No Comments
Konsep-konsep penting dalam SEO - SEO bukanlah ilmu yang bisa anda dapat melalui sebuah keberuntungan atau asal terka. SEO ada metodenya dan ada ukurannya juga bersifat ilmiah. Oleh sebab itu ada beberapa konsep yang mendasari mengenai ilmu SEO.

konsep dasar SEO terbaru


1. Pahami apa yang dibutuhkan user search engine
Prinsip awal yang perlu anda ketahui disini adalah memahami betul apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari. Mesin pencari itu contohnya seperti google, mozilla, opera, dll, darisana apa yang sebenarnya penggunanya cari dari sana(mesin pencari)?
Tidak lain jawabannya adalah informasi. Ya, sebuah informasi yang sedang mereka butuhkan pasti akan mereka(user) cari di mesin pencari seperti Google. 
Dan mesin pencari sendiri berfungsi menyajikan beberapa informasi yang sudah tertampung disana atau menyediakan kumpulan informasi dari beberapa refrensi yang berbeda-beda. Misalnya saja saya contohkan Anda sedang mencari informasi mengenai obat stroke maka pasti anda akan mencari informasi di mesin pencari seperti Google dengan keyword "obat stroke". Karena yang anda butuhkan adalah informasi mengenai "obat Stroke" maka mesin pencari akan menyuguhi anda beberapa sumber informasi mengenai keyword "obat stroke" tersebut. Hal ini menunjukkan jika user membutuhkan sebuah informasi "obat stroke" maka yang perlu anda sebagai blogger sajikan adalah informasi mengenai "obat stroke" karena search engine juga membutuhkan informasi tersebut untuk menyuguhkannya kepada para usernya.

2. Pahami apa yang dibutuhkan search engine
Masih main tebak-tebakan, jika yang dibutuhkan user search engine adalah informasi maka apa yang akan dibutuhkan oleh search engine itu sendiri??
Misal disini anda menggunakan mesin pencari Google, Apa yang akan Google butuhkan untuk menyajikan informasi pada usernya tersebut? Tugas dari Google adalah menyajikan hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci yang digunakan oleh pengguna. Jika anda sebagai pengguna tadi ingin mencari kata kunci "obat stroke" maka Google akan menampilkan hasil pencariannya yang berkaitan dengan kata kunci "obat stroke". Google hanya menyajikan rangkaian informasi, namun yang memberikan informasi adalah beberapa situs/web/blog.
Sekarang muncul pertanyaan yang lebih spesifik lagi, sebenarnya apa yang diinginkan dan diharapkan Google kepada para pengelola website/blog?
Tidak lain tidak bukan yang diinginkan oleh Google adalah konten yang informatif (berkualitas) dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna Google. Google akan menyukai blog yang bisa menyajikan konten yang dibutuhkan oleh pengguna Google. Jadi, kalau anda ingin Google menampilkan blog/website anda di halaman pertama pencarian, tentu saja anda harus bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna Google.
Konten yang berkualitas adalah konten yang informatif (bersifat memberi informasi) dan bermanfaat bagi pembacanya. Suatu konten bisa dikatakan berkualitas apabila pembaca konten tersebut bisa memetik manfaat dari isi konten tersebut. Contoh, anda mempublishkan sebuah artikel pada blog anda lalu setelah orang membaca artikel anda tadi sehingga pembaca tersebut mendapatkan pengetahuan baru maka disitulah letak kualitas konten anda baru diakui.

Google sangat menyukai konten yang berkualitas


Ketika anda mulai mengoptimalkan SEO maka optimasikan pada SEO konten atau biasa disebut SEO on pagenya. Karena konten yang berkualitas akan diburu banyak pembaca dan akan lebih diperhatikan oleh Google.