Mendapatkan uang dari youtube upload video

No Comments
Mendapatkan uang dari youtube upload video  - Sementara saat kita coba berpikir hanya dengan upload sebuah video melalui media youtube apa benar bisa menghasilkan uang? Pertanyaan muncul ketika apa yang menjadi basic diri kita bukanlah seorang editing video handal dan siapa juga yang akan membayar kita? Konsep sederhananya adalah video yang anda upload nantinya bisa membuahkan uang dengan dukungan para viewer, karena tanpa viewer tidak mungkin anda akan mendapati penghasilan tiba-tiba. Semakin banyak viewernya maka potensi penghasilannya akan semakin bagus. 

Apakah viewer yang akan membayar kita?

Bukan, apakah anda sendiri perlu melakukan pembayaran pada pihak youtube untuk bisa melihat video-video keluaran terbaru disana? Tidak bukan, 100% gratis jika anda streaming atau download video youtube disana seharian. 

Lantas darimana hasil atau uang yang akan kita dapat?

Youtube merupakan salah satu mitra media periklanan yang cukup populer. Jadi ketika anda sudah memiliki akun youtube, anda sudah bisa upload beberapa video unik yang nantinya bisa menghasilkan trafik viewer yang besar. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak ada cara singkat yang akan menjadikan anda banyak uang dari youtube, namun jika anda memang rutin upload video sesuai dengan kemauan banyak orang maka hasilnya bisa sangat luar biasa.

Memang ada beberapa orang yang bergumul disana dengan penghasilan sampai ratusan ribu dolar, dan tidak sedikit pula orang yang hanya menghasilkan beberapa sen saja dalam seharinya. Pengecualian ini dikembalikan lagi pada semangat anda dalam menekuni segala sesuatu yang sedang anda kerjakan dan jika anda menjadikannya ini sebuah pekerjaan sehari-hari anda maka hal yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana saya dapat membeli pekerjaan ini dan semaksimal apa tenaga, pikiran dan waktu akan saya curahkan kesana.

Sengaja menguraikan hal ini bukan bertujuan untuk mengendurkan semangat Anda, tapi semuanya harus Anda ukur secara realistis supaya saat ditengah jalan anda tetap semangat. Coba membuat kreasi video yang kreatif, unik, mengena dan disukai orang seluruh dunia!

Tapi, kalau orang lain bisa, bukan suatu hal yang mustahil bagi Anda menjadi salah satu orang ‘beruntung’ pada kesempatan berikutnya.

Langkah-langkah menjadi Mitra Youtube :

  • Klik foto profil akun youtube anda pada pojok kanan atas halaman, kalau belum punya akun silahkan register dulu. Kemudian klik Setelan Youtube dan anda akan langsung dibawa pada tampilan pada menu Ikhtisar.
  • Klik Lanjutan tepat di bawah alamat email
  • Anda kemudian akan dibawa ke tampilan user ID anda di youtube

  • Klik "Pindahkan saluran ke profil atau laman Google+ yang berbeda" kemudian anda akan dihubungkan dengan akun Google+ anda. Setelah itu anda klik pada kolom chanel/saluran saya (sekarang).

  • Anda akan dibawa ke halaman baru untuk mengatur saluran anda dan beberapa tampilan kategori saluran, sampul, dll.


Mengaktifkan monetisasi saluran anda
Setelah itu silahkan upload beberapa video dengan durasi paling tidak 60 detik kemudian aktifkan monetize, artinya kita mengijinkan Google untuk menampilkan iklan di video yang kita miliki.
  • Masuklah ke halaman Dasbor >> Setelan saluran >> Fitur (klik disini)
  • Klik Aktifkan Akun Saya. Nanti anda akan dibawa ke halaman persyaratan perjanjian, next aja tidak apa-apa. Centang saja semua, tanda Anda setuju, kemudian klik tombol I agree/ setuju. Setelah itu muncul pilihan format iklan yang akan ditampilkan.

  • Silahkan Anda menentukan jenis iklan yang nanti akan tampil pada sisipan video anda. Ada beberapa jenis iklan yaitu, Iklan hamparan dalam video adalah berupa iklan memanjang yang akan tampil di bagian bawah video Anda, yang apabila diklik maka Anda akan mendapatkan komisi. Sedangkan pilihan Iklan True-view dalam aliran, adalah video iklan yang akan diputar otomatis sebelum video Anda ditonton. Anda boleh memilih salah satu, bisa juga memilih dua-duanya. Jika sudah klik tombol Monetisasi. Sekarang saluran Anda sudah diaktifkan untuk dimonetisasi dan Anda resmi sudah menjadi Mitra Youtube. contoh iklan hamparan bisa anda lihat dibawah ini:
  • Pilihan jenis iklan ini nantinya dapat Anda sesuaikan atau rubah di kemudian hari. Pastikan Anda memonitor performa penghasilan sampai Anda menemukan jenis iklan yang paling efektif dan memaksimalkan penghasilan pada video anda sendiri. Biasanya iklan berupa tutorial, produk, perusahaan lebih cocok menggunakan jenis Hamparan, sedangkan video hiburan lebih cocok menggunakan video jenis True-view. Ini terkait dengan perilaku penonton yang berbeda dari jenis video masing-masing. Namun semuanya butuh trial untuk mengukurnya.
  • Tutorial selanjutnya akan dibahas pada kesempatan berikutnya...