Raster untuk sablon separasi pada kaos

1 comment
Raster untuk sablon separasi pada kaos - DPI dan LPI merupakan istilah dari satuan yang dipakai untuk menyatakan resolusi seperti cetak film untuk sablon kaos. Resolusi sendiri adalah istilah yang dipakai untuk merepresentasikan banyaknya titik gambar dalam satu inci persegi. Pada monitor, titik titik ini dinamakan pixel atau dot (DPI = dot per inchi), sedangkan pada hasil cetak, dipakai istilah dot atau lines (LPI = Lines per Inchi). 

Raster untuk sablon separasi pada kaos


Sekedar info saja, DPI (dot per inch) itu resolusi output pada printer, Line per inch adalah jumlah ruster pada satu inchi (2,5 cm), kalau kita print 72dpi pada ruster 30 lpi maka lingkaran ruster itu akan terlihat kotak-kotak dan kurang mulus (silakan di tes). Semakin kecil dpi nya maka lingkaran pada satu titik ruster akan semakin bundar mulus dan tidak bergerigi pinggirannya. Nah kalau ppi adalah pixel per inch (resolusi pada monitor).

Monitor dan hasil cetak mempunyai perbedaan yang mendasar dalam merepresentasikan gambar. Yang kita lihat pada monitor merupakan barisan pixel sedangkan yang kita lihat pada hasil cetak merupakan titik-titik halftone. Monitor hanya mampu untuk menampilkan 72 dpi (meskipun file mempunyai resolusi 300 dpi), sedang hasil cetak mempunyai resolusi yang berbeda-beda, surat kabar menggunakan 35 lpi (line per inch) atau kurang, majalah dengan kertas uncoated menggunakan 100-120 lpi, sedang kertas coated menggunakan 133 lpi atau 150 lpi. Secara kasar, perbandingan yang baik antara resolusi gambar pada komputer dan hasil cetak berkisar antara 1,5 : 1 atau 2:1. Jadi untuk mencetak dengan resolusi 150 lpi, memerlukan resolusi sekitar 225 hingga 300 dpi.

Jadi kalau 45 lpi pake 600 dpi, titik ruster akan lebih mulus daripada yang 300 dpi (tapi perbedaannya tidak terlalu signifikan juga) kecuali kita pakai 180 dpi atau 72 dpi baru akan nampak lingkarannya kotak-kotak.

Kalau plastisol umumnya pakai screen T120/cm ( T305/inch) untuk warna dan T 90/cm (T230/inch) untuk dasar putih. Rusternya cukup 55 lpi saja. Hanya memang screen yang kerap harus kencang masangnya, kalau tidak maka gesutannya agak bertenaga sedikit.

Resolusi 300 dpi
Umumnya resolusi ini digunakan untuk pembuatan buku, kalender, kwitansi, brosur, kartu nama atau sejenisnya (yang ukurannya tidak terlalu besar atau mini)

Resolusi 50 dpi s/d 200 dpi
Resolusi dengan ukuran tersebut cukup untuk membuat banner, x-banner, backdrop, spanduk digital, roll banner, oneway visio, dan sejenisnya (yang ukurannya agak besar) Trus apakah resolusinya tidak terlalu kecil? Kualitas gambarnya atau hasilnya pecah tidak? Untuk hal semacam itu bisa dikatakan sudah cukup.

Jadi intinya begini, cetak film separasi itu tergantung lpi-nya, bukan dpi. Kalau raster rubber biasanya pakai 30-45 lpi untuk amannya dan memakai screen T61 / T77. Sedangkan untuk ruster kisaran 50 - 60 lpi itu harus menggunakan pasta plastisol dan screen yang digunakan adalah T120 / T160

Sekedar catatan tambahan, jika ingin bikin film di screen sampai 60 sampai 70 lpi itu sudah pakai obat afdruk khusus. Refrensi yang bisa digunakan adalah Ulano TZ – TZD Seperti halnya ulano 133, Ulano TZ juga merupakan bahan afdruk yang paling baik dibandingkan dengan bahan peka cahaya sejenis dan khusus dipergunakan untuk melapisi screen basis air memiliki daya tahan yang kuat serta tidak mudah terkikis oleh bahan cat/tinta berbasis air seperti tekstil color, pigmen, printing paste dan semua bahan cetak yang mengandung air. Ulano TZ dibuat khusus untuk screen dengan mencetak kaos sprei, spanduk, batik dan jenis bahan lainnya. Untuk menghasilkan gambar raster halus sampai kepadatan 80% dapat dihasilkan dengan baik tanpa bahan khusus.

Sekali lagi, screen yang digunakan harus kencang tidak longgar, ukuran screen juga harus di perhatikan dari T90, T120 atau T160.


Bikin klise sendiri untuk tinta cair bisa pakai plastik yang bisa di fotokopi di olesi lem kayu caranya pakai rakel selebar plastik yang ada tidak perlu menggunakan screen saput yang rata keringkan silahkan print kalau kurang pekat kasih bubuk photocopy sapu dengan kapas buktikan hasilnya luar biasa bisa untuk film afdruk highdensity karna pekatnya luar biasa. Selamat mencoba.

1 komentar :

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com