3 cara berkualitas membangun link pada blog anda

No Comments
Apa itu link building dan cara membuatnya - Pertama kali mengenal blog bagaimana caranya sebuah blog bisa SEO dan bagaimana membangun sebuah SEO? Saya melihat beberapa posting dari teman-teman blog yang sudah sesepuh menyebutkan membangun link. Salah satu dari sekian banyak cara yang dirasa cukup ampuh adalah membangun SEO adalah melalui link building sebanyaknya. 

Pengertian sederhana dari link building itu sendiri adalah membangun banyak jembatan yang mengarah pada alamat site kita, begitulah kira-kira pengertian sederhananya. Melalui apakah membangun jembatan yang akan menuju ke alamat situs kita? Dimana anda bisa membangun jembatan maka bangunlah disana. Kalau saja anda menemui sebuah site yang setidaknya bisa kita bangun link disana maka bangunlah. Contoh simplenya seperti ini, cobalah menulis sebuah artikel yang unik dan berkualitas pada situs-situs seperti wikipedia dan beri link pada salah satu keyword pada artikel tersebut yang akan mengarah pada blog kita. Itulah salah satu cara membangun jembatan dari alamat site wikipedia menuju ke alamat situs blog kita. Kali saja ada beberapa pengunjung yang tertarik membaca artikel yang telah anda buat disana dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang anda bahas sehingga ia akan tertuju pada site kita nantinya.

Ada beberapa istilah mengenai topik membangun link building yang sebenarnya sama pengertiannya, mungkin pernah anda jumpai yang namanya back link ataupun inboud link. Beberapa istilah tersebut pada prinsipnya sama, penamaannya saja yang berbeda karena tiap orang memiliki sebutan tersendiri. Membangun sebuah link pada blog tergolong sangat penting, analoginya adalah membangun link sama halnya dengan membangun banyak akses yang menuju ke alamat rumah kita, semakin banyak akses maka akan semakin mempermudah orang mengetahui alamat rumah kita. Dan jikalau orang sudah banyak yang tahu maka akan menjadi pertimbangan bagi mereka untuk mengunjungi alamat rumah kita. Ada 3 cara ampuh dalam membangun sebuah link pada blog, antara lain:

1. Menjadi Penulis Artikel Bebas
    Dengan cara menjadi penulis bebas anda bisa mengarang hal apapun yang anda inginkan pada beberapa situs yang memiliki otoritas domain yang tinggi dan menggunakan anchor text yang relevan. Menulis bebas sesuai yang anda mau boleh dengan tanda kutip anda harus menulis dengan konten yang berkualitas, jangan asal-asalan menulis yang tidak tahu arahnya kemana. Usahakan menulis artikel yang banyak menjaring orang untuk membacanya. Artikel yang tidak berkualitas hanya akan membawa dampak buruk pada blog yang anda bangun link kesana, google akan menganggapnya sebuah artikel spam. Pahamilah bahwa artikel yang disukai google adalah artikel yang banyak disukai pembaca. Anda bisa lakukan ini pada situs-situs media berita atau pada forum-forum diskusi terkait.

2. Saling bertukar link sesama blogger
     Saya seringkali menjumpai beberapa link promosi mengenai bonus gratisan dari broker forex di grup facebook. Dalam grup tersebut ada beberapa orang yang suka memberikan informasi mengenai bonus-bonus terbaru. Beberapa orang yang sering mempromosikan bonus tersebut saling berebut untuk mendapatkan referal bagi mereka yang daftar pada link afiliasi mereka. Singkat cerita, saya mencoba membuka salah satu blog promosi yang dipromokan di grup facebook tersebut, setelah saya masuk ke salah satu blog tersebut disana saya jumpai beberapa promosi bonus dari broker lain yang mengarah pada alamat situs lain dari salah seorang yang berpromo di grup facebook tersebut. Dan ternyata keduanya saling bertukar link untuk saling mempromosikan. 

3. Bangun link melalui video
      Beberapa orang yang terjun ke dunia online pasti beberapa bagian aktivitas mereka tertuju pada video. Sehingga bagus sekali menyisipkan sebuah link yang mengarah pada blog kita. Cara ini cukup efektif karena banyak pula orang yang hobi download video atau streaming video.