Pengertian dari SEO adalah

No Comments
Pengertian dari SEO adalah - Kepanjangan dari SEO adalah Search Engine Optimasi artinya Mengoptimalkan website pada mesin pencari, mesin pencari itu ya seperti google.com, yahoo.com, bing, dll. Jadi jika website kita berada pada posisi teratas pada search engine berarti website kita sudah SEO. Siapapun pemilik sebuah site pasti menginginkan website mereka berada pada posisi atau ranking teratas pada mesin pencarian karena jika tidak seperti itu maka websitenya tidak akan dilihat pengunjung. Sebuah site yang muncul di halaman pertama pencarian 98% pasti akan dibuka oleh orang yang mencari sehingga posisi di halaman pertama akan selalu diincar dan saling bersaing disana dengan berbagai mode cara. 

Dengan gambaran singkat tersebut anda pasti sudah bisa menebak apa kegunaan dari SEO. Yah, anggap saja SEO adalah metode marketing pada sebuah produk (blog kita) untuk mudah dikenal konsumen. ya, si pemilik berusaha untuk mengenalkan blognya pada calon visitornya dengan cara menawarkan apa yang mereka cari bisa didapatkan disini, di blog kami (bahasa promosinya kira-kira begitu). 

Jadi pengertian SEO adalah sebuah ilmu marketing yang diterapkan pada blog kita supaya bisa mencapai rank teratas di serp. Perlu ditekankan sekali lagi, SEO dipergunakan untuk mendongkrak sebuah site merangkak ke posisi paling atas. Dan tujuan tersebut tidak lain hanyalah untuk menjaring traffic sebanyak-banyaknya melalui media mesin pencari, selebihnya adalah faktor pendukung saja. 

Contoh web SEO

Contoh sederhananya ketika saya ingin mencari sebuah pengertian "Apa itu SEO" saya akan mengetikkan sebuah keyword pada mesin pencari sebagai contoh pada gambar saya menggunakan mesin pencari google.com dan mengetikkan keyword Apa itu SEO maka disana akan muncul beberapa tampilan pengertian keyword tersebut dari berbagai macam sumber sites. Dari yang saya tanda panahi di atas adalah beberapa sites yang menempati posisi halaman pertama di mesin pencari google.com dengan kata kunci Apa itu SEO. Posisi seperti itulah yang banyak dikejar para blogger, dengan mengetikkan beberapa keyword yang orang cari maka yang keluar diharapkan artikel pada sites miliknya. Para blogger akan saling berebut pada posisi ini, inilah tujuan orang mempelajari SEO sebenarnya

Terutama bagi orang yang jualan produk misalnya produk "kaos", ketika calon pembelinya searching di google dengan kata kunci "kaos murah" maka diharapkan mereka yang memiliki website atau shop online keyword yang diketikkan oleh calon pembeli mengarah pada website mereka. Ada metode yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik web atau juga memakai jasa SEO ataupun jasa periklanan seperti Adwords atau facebook. 

Di serp inilah para internet marketing berkompetisi dalam berbisnis online guna untuk mencapai posisi teratas dalam data pencarian. Sekilas kita coba tengok beberapa sites teratas yang memegang posisi paling dominan.

website posisi teratas di serach engine
Itulah beberapa sites yang memiliki frekuensi traffic yang luar biasa setiap harinya. Anda bisa melihat google.com memegang posisi jawara disana karena melalui google.com orang akan mendapati sumber informasi melimpah sehingga alamat google.com selalu menjadi primadona. Kedua adalah facebook sebuah situs social media yang sangat gencar dan memiliki puluhan juta member, situs facebook akan selalu menjadi acuan kedua bagi mereka yang berlama-lama di media online. Ada beberapa faktor dasar yang menjadi pertimbangan serp dalam mengindeks sebuah site, faktor-faktor tersebut adalah :

Nama domain
Judul
Html Tags
Kata kunci yang digunakan
Nama file image (alt attribute)
Frekwensi update website
Sitemap
Link
Dll

Ilmu SEO sendiri pasti akan berpedoman pada beberapa faktor tersebut, karena itulah dasar-dasar sebenarnya yang bisa membawa sebuah sites pada posisi teratas. Beberapa metode SEO pasti akan berbeda-beda caranya dan hasilnya pun juga akan berbeda. Tergantung dari mereka sendiri dalam merangkai beberapa faktor tersebut dalam satu metode atau hanya mengadopsi beberapa faktor saja. Sehingga ilmu SEO yang seringkali muncul dikalangan blogger ada dua aliran yang biasa saya jumpai yaitu 

SEO On Page
Melihat judulnya saja pasti sudah bisa menebak bahwa SEO On Page adalah SEO yang diterapkan pada page atau halaman sebuah website. Selengkapnya bisa anda lihat di pengertian SEO On Page.

SEO Off Page
Pengertian singkatnya adalah SEO yang dilakukan diluar website, jadi tanpa utak atik isi website. Selengkapnya bisa dilihat di pengertian SEO Off Page. 

Begitulah penjelasan singkat yang bisa saya jabarkan mengenai pengertian SEO. Tiap-tiap orang pasti akan memiliki metode sendiri karena cara berpikir orang berbeda-beda, dan hargailah itu.