Cara menghitung suku kata pada postingan blog

1 comment
Cara menghitung suku kata pada postingan blog - Apakah penting dan perlu kita ketahui berapa suku kata yang ada dalam postingan blog kita? Bagi saya pribadi cukup penting jika blog yang kita isi dengan konten yang bertujuan untuk monetize blog. Dipandang dari segi monetize blog, artikel yang menjadi acuan bagus atau tidak umumnya dilihat dari originalitas sebuah artikel. Memang itu akan menjadi faktor utama dalam kesuksesan menerbitkan sebuah artikel pada blog kita sendiri, namun ada beberapa kriteria lagi yang harus tidak kita abaikan yaitu jumlah suku kata yang terkandung di dalamnya. Mengapa hal itu sangat penting? Sebuah artikel yang padat singkat dan langsung mengacu pada inti bahasan memanglah bagus, namun itu dilihat dari segi orang yang membacanya sudah paham akan isi dari artikel tersebut. Jika kita tarik kembali sebuah artikel yang padat singkat tersebut coba kita lemparkan pada orang yang baru saja membaca mengenai topik asing yang kita suguhkan mungkin akan ada beberapa tanda tanya dalam benak mereka. Bisa kita bayangkan jika itu terjadi pada diri kita sendiri. 

Artikel panjang akan mencoba mendeskripsikan dari topik bahasan itu sendiri. Bukannya bahasa yang bertele-tele, melainkan artikel yang panjang dapat membuat orang mampu memahaminya secara detail mengenai topik bahasan yang bagi mereka masih terasa cukup asing. Tidak ada salahnya kita membahas sebuah topik dengan gaya bahasa kita sendiri yang cukup sederhana jika itu adalah untuk kesenangan pribadi saja. Berbeda halnya jika tujuan utama yang kita inginkan adalah untuk menghasilkan sebuah blog yang berkualitas dari segi originalitas dan deskriptif pada artikel yang kita buat guna untuk mendorong blog kita pada rank yang bagus. 

Tujuan blogger tidak lain adalah mengundang visitor sebanyak-banyaknya dan sebisa mungkin tanpa mereka sadari mereka merasa terundang lagi untuk mengunjungi blog kita lagi. Pengunjung yang merasa dirinya puas pasti tidak akan melupakan begitu saja tentang apa yang kita informasikan sebelumnya, lebih-lebih jika mereka mampu memahami secara utuh apa yang sudah kita berikan pada mereka. 

Jumlah suku kata pada postingan artikel juga akan memiliki pengaruh pada optimasi SEO blog kita. Banyak yang sering membicarakan paling tidak artikel yang kita buat pada blog setidaknya mengandung XXXX suku kata, berapakah jumlah suku kata yang dimaksudkan itu? SSetiap master SEO menyebutkannya secara berbeda-beda mulai dari 400 suku kata, 500 suku kata bahkan ada yang 1500 suku kata, dari sini mana yang bisa diambil sebagai acuan yang valid? Menurut saya tidak ada yang valid diantara pendapat itu, yang jelas semakin banyak suku kata yang terkandung di dalamnya maka akan semakin bagus. Bagaimana dengan standar yang diinginkan google sendiri? Saya pun juga kurang begitu paham berapa acuan standar yang diinginkan google, ada yang bilang 600 suku kata dalam setiap postingan. Anggap saja 600 suku kata tersebut adalah target minimal dari postingan yang dibuat, sehingga jika kita bisa memberikan lebih dari itu pasti google akan cukup terkesan dengan artikel kita. 


Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana menghitung karakter yang ada pada sebuah artikel, namun cukup banyak yang belum tahu juga caranya menghitung suku katanya. Siapa yang mau menghitung jumlah suku kata pada tiap-tiap artikel, untuk itu kita akan meminta bantuan sebuah penyedia aplikasi untuk menghitung berapa jumlah suku kata pada sebuah artikel. Terdapat dua cara untuk menghitung sebuah suku kata yaitu melalui media online dan offline. 

1. Melalui media online
   Kita bisa meminta bantuan layanan aplikasi secara gratis dengan masuk pada sebuah website. Copy dulu seluruh artikelnya dan pastekan pada kolom yang tersedia disana sehingga secara otomatis jumlah karakter dan suku kata yang telah kita pastekan disana akan terlihat jelas. Hitung jumlah suku kata artikel anda sudah memenuhi apa tidak. Usahakan saja lebih dari 600 suku kata dan alangkah baiknya jika sampai 1500 suku kata. beberapa situs yang menyediakan layanan ini adalah :
 - 
  • www.hitunghuruf.com
  • www.wordcounter.net
  • www.wordcalc.com
2. Menghitung secara offline
   Untuk cara kedua ini mungkin sudah banyak yang tahu karena kita sendiri sudah sangat sering berjumpa dengan software yang sudah umum digunakan yaitu MS Word. 
 - Buka halaman baru pada MS Word anda
 - Silahkan paste disana artikel yang sudah kita copy 
 - Pilih tab review pada menu bar
 - Kemudian klik word count maka akan tampak informasi jumlah karakter dan suku kata yang terkandung pada artikel anda.



1 komentar :

Lala baru saja pulang sekolah. Cuaca panas membuatnya buruburu masuk rumah. Segelas air dingin, itulah yang diinginkannya.
“Kakak pasti haus. Ini, minum dulu.” Kiki menyodorkan segelas
air. Adiknya itu memang baik.
“Waaaah, terima ka ….” Lala menghentikan ucapannya begitu
melihat baju yang dipakai Kiki. Itu baju biru polkadot favoritnya!
“Kenapa kamu memakai bajuku?” Lala bertanya dengan kesal.
“Kata Ibu, baju ini untukku. Kakak kan sudah tidak pernah lagi
memakainya,” jawab Kiki bingung. “Tidak pernah kupakai bukan berarti boleh diambil.” Lala mulai
marah. “Ayo ganti bajumu.”
“Tapi … baju ini pas untukku.” Kiki mengelak. “Pasti sudah
kekecilan untuk Kak Lala.”
“Tidak! Ini bajuku