Cara Sederhana Mempercepat Komputer yang lambat

No Comments
Bisa dirasakan antara kinerja komputer yang masih baru dengan komputer yang sudah berusia 1 tahun lamanya, bedanya adalah kinerja komputer tersebut terasa sedikit atau jauh lebih lambat dari sebelumnya. Sehingga jika kita sangat bergantung pada komputer untuk keperluan kerja atau mengerjakan tugas-tugas penting akan terasa sangat jengkel kan. Sebenarnya penanganannya cukup sederhana, beberapa diantaranya hanya menggunakan tool yang sudah tersedia di komputer itu sendiri. Berikut tips untuk mempercepat kembali kinerja komputer yang sudah melambat.



1. Selalu aktifkan proteksi real time Antivirus

    Penting sekali untuk pencegahan terlalu dini pada komputer adalah selalu mengaktifkan mode proteksi sepanjang waktu. Karena serangan yang tidak bisa diduga-duga asalnya biasanya dari luar. Selalu waspada pada input data pada komputer melalui flashdisk atau memory eksternal, kemungkinan virus menyelinap dari beberapa file yang diinput darisana. Misalnya file yang sumbernya diambil dari warnet atau komputer teman. Proteksi real time pada antivirus akan membuat komputer terjaga dari adanya virus yang mencoba menyelinap ke komputer. Virus akan merusak beberapa komponen urgen pada komputer yang bisa memperlambat kinerja komputer yang terinfeksi. 

2. Rutin melakukan Disk Clean Up

     Kegiatan browsing ataupun juga rutinitas install program dan uninstall program akan selalu meninggalkan beberapa jejak pada komputer. Beberapa jejak tersebut seringkali disebut dengan registry, cache dan cookies. Ini adalah beberapa jejak yang seharusnya sudah tidak terpakai dan perlu dihilangkan saja karena hanya akan menambah beban dan file yang berserakan. Jika tidak dihapus atau terbengkalai menumpuk akan menguras banyak volume pada hardisk komputer. Cara Disk Clean Up adalah :

Buka Explorer >> Klik kanan pada partisi yang dipilih  >>  Klik Properties  >>  Menu General >> Klik Disk CleanUp





















Centang pada semua kolom yang ditandai kotak merah tersebut kemudian klik OK. 

















3. Lakukan defragment secara teratur.
    Defragment pada fungsinya adalah untuk mengkategorikan beberapa file yang memiliki fungsi bermacam-macam. Tool ini akan merapikannya dalam beberapa bentuk kategori sehingga komputer bisa membacanya dengan mudah dan cepat. Ini salah satu tool untuk mempercepat kinerja komputer yang jika dilakukan secara teratur maka komputer akan tetap terjaga rapi. Langkahnya adalah Klik Start >> klik all programs >> Asesories >> System tool >> Klik Disk Defragmenter

4. Non Aktifkan visual efek pada windows

Visual efek hanyalah berfungsi sebagai pemercantik saja, namun sisi lain jika visual efek dimaksimalkan akan menambah beban pada pemakaian memory komputer sehingga jika beberapa visual efek tersebut dinonaktifkan maka akan mengurangi beberapa beban pada komputer dan kinerja komputer menjadi lebih cepat. Langkah-langkahnya adalah Klik Start >> klik kanan menu Computer >> Properties >> Advanced system setting >> Performance >> Setting kemudian pada visual effects pilih adjust for best performence dan OK.