Trik Drastis Meningkatkan Pendapatan dari Google Adsense

No Comments
Google Adsense merupakan salah satu penyedia jasa pengiklanan secara online dengan sistem bagi hasil yang unik yaitu pay per klik(dibayar setiap klik iklannya). Layanan ini tersedia melalui sebuah website atau dari youtube melalui video streaming. Sehingga seorang publisher(jaringan pengiklan adsense) akan mendapatkan uang setelah iklan tampil di website atau video youtube mereka di klik oleh pengunjung. 

Google adsense sendiri merupakan mitra dari jasa iklan adwords. keduanya adalah perusahaan besar milik google yang sampai saat ini masih menjadi pilihan mayoritas bagi pemilik website atau blog, dengan alasan google adsense berani membayar mahal tiap klik tampilan iklan dan google adsense sendiri selalu menempatkan iklan sangat relevan atau selaras dengan konten pada sebuah blog atau website sehingga kemungkinan untuk di klik oleh pengunjung akan tinggi, karena apa yang pengunjung cari bisa langsung mendapati sumber aslinya. Inilah beberapa alasan para blogger memilih menjadi seorang publisher adsense.

Hasil besar pasti akan berbanding pada tingkat kesulitan yang lumayan. Begitulah yang akan terjadi pada beberapa proses publisher saat pertama kali mendaftarkan diri menjadi publisher google adsense. Beberapa kebijakan yang musti dipatuhi menjadikannya sebuah tantangan besar bagi para blogger, karena disini para blogger akan menghadapi ujian terbesar saat menjalani. Namun fakta tersebut bukanlah sebuah halangan besar bagi para blogger untuk tidak mengikutinya, buktinya tidak sedikit dari para blogger Indonesia yang banyak sukses menggeluti bidang ini. Tantangan kedua bagi para blogger setelah berhasil mendapatkan akun adsense tentu akan terpikirkan bagaimana cara mengelola blog supaya bisa mendatangkan dolar. Berikut ada beberapa tips yang saya rangkumkan dari para master blogger lokal kita supaya pendapatan dari Google Adsense meningkat drastis:

Datangkan traffic besar/pengunjung yang banyak: Tentu saja hal utama yang musti menjadi landasan untuk meningkatkan penadpatan adalah mendatangkan pengunjung dahulu sebanyak-banyaknya. Karena pendapatan google adsense berasal dari klik para pengunjung blog kita. Kalau tidak ada pengunjung lantas siapa yang akan klik iklan pada blog kita?Tidak mungkin kalau kita sendiri yang akan mengklik iklan kita sendiri karena itu bagian dari pelanggaran TOS adsense. Pembahasannya ada pada cara trik mendatangkan pengunjung blog melimpah.

Penempatan Iklan: Penempatan iklan tidak sembarang memasangnya pada kolom tertentu. Analoginya siapa yang akan melihat iklan seluler jika balihonya dipasang di tengah hutan belantara? Taruhlah iklan pada posisi yang strategis sekiranya menarik pengunjung supaya terdorong untuk mengklik iklan tersebut. Jadi konsepnya bisa anda cari sendiri seperti jika anda sendiri menjadi seorang pengunjung blog orang lain, posisi mana yang akan merangsang anda untuk mengklik iklan tersebut. Posisi iklan bisa anda taruh pada tengah artikel atau di paragraf awal artikel atau bisa juga di sidebar. Semua itu bisa anda eksperimen sendiri, usahakan iklan tidak hanya sekedar dipandang saja melainkan bisa merangsang pengunjung untuk mengkliknya. Hehehe, tapi jangan maksa loh ya..

Sesuaikan Ukuran Iklan: untuk ketiga pemilihan ukuran iklan sangat penting sekali karena ukuran iklan yang tidak sesuai tidak akan menarik pengunjung untuk mereka lihat. Contohnya ada beberapa master blog yang sudah bereksperimen dengan ukuran iklan yang mempunyai klik banyak adalah iklan 300X250, Iklan 336X280 dan iklan 300X600, ketiga iklan tersebut tempatkan di awal artikel, setelah artikel dan di sidebar, untuk iklan 720X90 atau iklan header sebaiknya pilih tampilan responsive. karena kalau anda menempatkan iklan 720X90 di header besar kemungkinan untuk di muat di smartphone akan tidak sesuai dan ini tentu tidak akan mendapatkan klik banyak, tapi malah sebaliknya, untuk itu sesuaikan saja dengan iklan yang mendukung. Sekali lagi silahkan eksperimen dan cari kelemahan-kelemahan dari posisi iklan yang anda pasang.

Blokir iklan Klik Rendah dan Tidak Relevan: sering kali iklan muncul dengan kategori yang berbeda dengan tema /topik artikel kita dan iklan ini biasanya mempunyai nilai klik rendah, untuk itu silahkan blokir saja iklan yang termasuk tidak mendatangkan klik, caranya klik tab izin iklan →Pusat Peninjau Ikaln disana anda akan melihat beberapa iklan yang sering muncul di website anda. lakukan untuk memblokir sesuai saran dari adsense. Karena iklan yang tidak relevan hanya akan membuang-buang kesempatan saja. Seperti halnya jika anda menjumpai orang berjualan kopi panas pada gurun pasir, siapa yang akan membelinya jika yang konsumen cari adalah seteguk es segar.

Kombinasikan Warna Iklan: untuk meningkatkan pendapatan Google adsense dan untuk mendatangkan klik banyak langkah berikutnya adalah memilih warna iklan yang tampil di blog atau website kita, banyak pakar adsense mengatakan untuk mengkombinasikan iklan sama dengan warna template kita, ini hal yang tidak asing lagi, karena kalau kita memilih warna terlalu kontras kemungkinan besar pengunjung tidak akan klik iklan dan tidak akan menanggapi iklan kita. begitu juga font dan ukuran font sesuaikan juga. Istilahnya lakukanlah dengan cara yang santai, seperti seorang sales yang ingin menjual produk mereka tidak akan langsung menawarkan produk inti mereka, mereka masih akan berbasa-basi dengan sebuah iming-iming kuis berhadiah potongan produk yang besar, dll.

Optimalkan Loading Situs: Situs yang lambat hanya akan membuang-buang waktu visitor, jelas mereka sendiri mayoritas kurang menyukai sebuah situs yang kurang fast. Efek lainnya juga iklan yang akan ditampilkan responnya akan sangat lambat, sehingga seringkali setelah pengunjung blog selesai membaca artikel, iklannya baru nampak. Dan ini kurang efektif dan sangat disayangkan.

Hindari Menempatkan Iklan Lain: poin ini sangat penting sekali karena kalau kita menempatkan iklan selain adsense besar kemungkinan klik akan berkurang. banyak kasus mereka yang memasang iklan lain tidak mendapatkan klik iklan tinggi, karena iklan akan di bagi tentunya, hal ini tidak di sarankan bagi anda yang masih mempunyai traffic rendah. cukup hanya satu yaitu iklan adsense. Intinya jangan menduakan iklan pada blog anda dengan iklan lain selain adsense. Jika anda sendiri diduakan maka perasaan juga akan dibagi 2 dan salah satunya akan kalah.

Design Template Cerah: gunakan template yang cerah bukan gelap kenapa? karena template yang cerah pengunjung akan semakin betah dengan situs kita dan hasilnya mereka akan lebih sering mengunjungi blog kita, bukan tidak mungkin salah satu dari mereka akan klik iklan adsense. Google sendiri pun juga menyukai kesederhanaan dan warna terang dasar.

Itulah beberapa topik dan poin penting untuk meningkatkan pendapatan Google adsense, selamat bereksperimen dan sukses selalu.