Mengatasi Konten tidak Memadai dan ditolaknya Google Adsense

No Comments
Mengatasi Konten tidak Memadai dan ditolaknya Google Adsense memang kerap terjadi pada hampir semua blogger khususnya bagi yang baru memulai menekuni blogger dan tergesa-gesa sekali ingin diterima menjadi mitra publisher google adsense. Bukan hal yang salah bagi bloger jika hal demikian kerap terjadi pada mereka, siapa yang tidak ingin cepat bekerja dan sesegera mungkin untuk mendapatkan sebuah hasil bukan? Ditolak google adsense bukan berarti tidak layak menjadi publisher adsense, melainkan ada beberapa hal yang musti dicermati dari apa yang menjadi aturan khusus Google Adsense dalam menyeleksi beberapa blogger untuk menjadi mitra mereka (google adsense). 

Boleh-boleh saja jika baru memulai sebuah blog dengan menyajikan konten yang masih minim, blog masih berumur jagung dan melakukan pengajuan atas blog menjadi mitra publisher. Namun yang perlu digaris bawahi adalah Google Adsense memiliki kriteria sendiri dalam penilaian layak tidaknya sebuah blog menjadi agen publishnya. Silahkan saja dicoba, mengenai informasi diterima ataupun tidaknya Google akan memberitahu melalui via email yang sudah didaftarkan. Dan umumnya google akan memberikan surat permohonan maaf karena "konten tidak memadai" terjadi pada blog yang didaftarkan, seringkali terjadi pada blog-blog yang masih berusia kurang dari sebulan, hehehe(pengalaman pribadi juga sih).


Inilah hal mendasar yang seringkali dilupakan, blog yang masih berumur jagung dan masih sangat minim konten hampir 95% akan ditolak oleh Google Adsense. Jika kita masih bertanya-tanya apa penyebab penolakan Google Adsense tersebut padahal blog sudah dirasa memiliki konten yang lumayan cukup. Mungkin ada beberapa hal yang sudah dilewatkan, berikut beberapa hal yang mungkin dilewatkan sehingga beberapa muncul penolakan dari google adsense.

1. Jumlah artikel blog yang masih sedikit

Jumlah posting artikel salah satu faktor penting dalam memperkuat konten blog, jadi jika jumlah artikel blog masih sangat minim maka pemenuhan untuk disebut blog dengan konten memadai masih akan sangat jauh kesana. Masih mengenai artikel, jumlah posting artikel blog sudah banyak namun jika suku katanya masih belum memadai maka hasilnya pun akan tetap sama, konten blog juga tidak memadai dan penolakan google adsense masih berlaku sama. Usahakan jika berniat untuk menjadi mitra publisher Google Adsense maka isi blog dengan jumlah artikel sebanyak-banyaknya paling tidak 5 posting artikel seharinya dan isi dari artikel mengandung suku kata antara 1.000 - 1.500 ini jauh lebih baik dan peluang diterima untuk menjadi publisher google adsense jauh lebih besar, silahkan buktikan sendiri.

2. Kandungan Kata pada artikel sangat minim

Jangan terlalu mendominasi isi artikel blog dengan beberapa gambar ataupun video karena hal ini bisa mengurangi kualitas dari artikel itu sendiri. Lebih banyak unsur katanya akan lebih baik, artinya deskripsi atas artikel yang disajikan sangatlah bagus untuk mendongkrak konten blog kita dan sisipilah 1 atau 2 gambar saja disana. Perhatikanlah pada seluruh artikel yang sudah dibuat, intinya dominasilah artikel dengan kandungan unsur kata dibandingkan dengan gambarnya atau juga videonya. 

3. Kondisi Blog Masih Tahap Building (pembangunan)

Blog yang masih pada tahap renovasi atau pembangunan kemungkinan diterimanya juga masih sangat minim. Memang pernah ada beberapa cerita dari teman-teman blogger yang blognya masih berumur seminggu ternyata sudah bisa diterima. Namun dari sisi ini, kita coba bertindak semaksimal mungkin dan sebaik mungkin. Jangan biarkan ada beberapa sub menu yang masih belu ada linknya, ini adalah salah satu ciri blog yang masih tahap renovasi jikalaupun masih belum digunakan silahkan hapus saja submenu tersebut. Pada tahap pendaftaran Google Adsense jangan pernah merubah atau memodifikasi isi template blog kita, usahakan lakukan perbaikan jauh-jauh sebelum proses pendaftaran dilakukan karena anggapan google blog anda masih tahap renovasi.

4. Fungsi Navigasi pada Blog yang kurang Jelas

Fungsi navigasi bisa dikatakan sebagai penunjuk arah, bisa anda bayangkan jika ada seorang pengunjung yang masih baru pertama kali mengunjungi blog anda. Jika blog anda tidak memiliki fungsi navigasi yang jelas pengunjung mau cari apa maka dapatnya apa. Navigasi yang jelas akan mengantarkan pengunjung pada sumber yang mereka cari. 
Lakukan pengkategorian yang jelas, sedikit lebih spesifik juga tidak masalah asalkan jelas. Pakai kategori kemudian subkategori dan seterusnya. Karena sekali lagi ini akan mempermudah orang untuk jalan-jalan di blog anda. Tambahkan juga dengan navigasi popular post, artikel terkait, archive blog dan fasilitas pencarian.

Begitulah kira-kira yang bisa disajikan untuk melengkapi kondisi konten blog yang tidak memadai sehingga seringkali ditolak Google Adsense.Tidak ada ilmu pasti mengenai hal ini, yang jelas jika kita menyiapkannya sekomplit mungkin maka hasilnya pasti tidak akan mengecewakan.