Kisah sukses bisnis kuliner Ayam Bakar Wong Solo

No Comments
Berbicara tentang suksesnya para tokoh usaha lokal membuat kita selalu merasa iri dengan keberhasilan mereka yang kurang terduga. Bermacam-macam jalannya dan terdengar sederhana kisahnya namun begitu menginspirasi. Pengsaha lokal yang akan kita bicarakan pada kali ini adalah sukses usaha yang telah dibangun oleh Puspo Wardoyo melalui usaha Ayam Bakar Wong Solonya, beliau mengawali usahanya dengan modal hutang sebesar Rp 700.000. Tidak sedikit usaha kuliner yang bertemakan warung ayam bakar di pinggir-pinggir jalan dengan modal usaha yang tidak sedikit nominalnya, mulai dari Rp 500.000 sampai diatas Rp 3.000.000. Jika banyak diantara penjual ayam bakar yang sudah mengeluarkan modal besar sampai jutaan rupiah, mengapa mereka masih belum optimis dengan apa yang sedang mereka rintis? Mengapa mereka tidak berusaha membesarknnya? Inspirasi yang bisa kita ambil darisana adalah kenapa banyak orang berjualan ayam bakar namun hanya sedikit yang bisa tenar seperti Ayam Bakar Wong Solo?


Tercatat dalam sebuah warta franchise (plasafranchise.com), 160 outlet ayam bakar wong solo sudah tersebar di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. Dengan pencapaian tertinggi untuk nilai aset yang harus pembuka cabang keluarkan untuk bermitra dengan ABWS adalah sampai Rp 1,5 Miliar, outlet dengan taraf premium. ABWS akan memfasilitasi mitra dengan franchise fee selama 5 tahun, desain interior dan eksterior tempat, Peralatan lengkap, dll.

Kisah Perjalanan Usaha Ayam Bakar Wong Solo Yang Saat Ini Terkenal Di Sekitar Pulau Jawa

Seperti yang sudah disebutkan oleh beberapa media online yang mengulas kisah sukses usaha makanan Ayam Bakar Wong Solo yang terkenal di Pulau Jawa, usaha yang dijalankan oleh Puspo Wardoyo ini benar-benar dirintis dari bawah. Sebelum menjalankan usahanya yang bergerak dalam bidang kuliner, sebelumnya Puspo Wardoyo ini bekerja sebagai seorang guru dan dirinya merasa bangga dengan profesi sebagai guru tersebut. Namun, lama-kelamaan, Puspo merasa tidak cocok dengan profesinya sebagai guru, dengan alasan ia merasa kurang berbakat menjadi seorang guru.

Keluar dari profesinya sebagai seorang guru, Puspo pun meniti usahanya dalam bidang kuliner, dimana pada saat itu Puspo mencoba untuk menjalankan sebuah usaha kuliner dari ajakan sahabatnya yang berjualan bakso. Menurut sahabatnya, bisnis kuliner tersebut memiliki prospek yang tinggi, dan ia pun tertarik dengan ajakan kawannya tersebut. Untuk mendapatkan modal usaha, kemudian Puspo kembali menjadi guru dan dari hasil mengajarnya, Puspo berhasil mengumpulkan modal (uang) sekitar Rp. 24 Juta.

Perjalanan Puspo Wardoyo Dalam Menjalankan Usaha Ayam Bakar Wong Solo

Lama, setelah Puspo keluar dari profesinya sebagai guru dan meniti usaha baru yang dimulai dari awal, Puspo pun mengalami banyak tantangan dalam menjalankan usahanya tersebut, namun setiap tantangan yang datang tidak mematahkan sematang dari seorang Puspo wardoyo untuk mejalankan usaha Ayam Bakar tersebut. Kesuksesannya dalam menjalankan usaha ayam bakar ini bermula saat ia membantu seorang pegawai didalam usahanya yang terkait utang dengan rentenir, kemudian pegawai yang dibantunya membawa wartawan dan kemudian wartawan tersebut membuat sebuah artikel tentang profil dirinya yang berjudul “Sarjana Buka Ayam Bakar Wong Solo”.

Artikel yang sudah dibuat oleh wartawan tersebut membawa rezeki yang bagus bagi Puspo, ke esokan harinya, sebanyak seratus potong ayam ludes terjual, dan seiring berjalannya waktu, Puspo dapat menjual 200 potong ayam perhari dari usaha Ayam Bakar Wong Solo tersebut. Hari demi hari, pengusaha Ayam Bakar ini pun melebarkan sayapnya ke berbagai daerah, dan lama-kelamaan Puspo membuat menu baru dan sukses dengan setiap menu masakan yang ia buat didalam usaha Ayam Bakar Wong Solo tersebut.

Hanya itu sedikit ulasan yang dapat kami sajikan kepada anda semua mengenai kisah sukses usaha makanan Ayam Bakar Wong Solo yang terkenal di Pulau Jawa. Semoga sedikit info usaha sukses yang telah kami sajikan pada kesempatan ini bermanfaat dan dapat menjadi sebuah referensi yang bagus untuk anda semuanya.