Panduan CPA dan Affiliate Marketing untuk Pemula

No Comments
Panduan CPA dan Affiliate Marketing untuk Pemula - Pada bahasan sebelumnya kita perlu mempromosikan sesuatu yang ada dalam daftar CPA untuk mendapatkan komisi. karena apa yang akan kita tawarkan adalah sebuah partisipasi atau tindakan yang perlu dilakukan orang lain untuk kita.

Secara garis besar apa yang yang perlu kita promosikan hanyalah sebuah penawaran atau dalam bahasa internet marketingnya disebut dengan CPA offers. Jadi tugas awal yang perlu dilakukan adalah mencari penawarannya dahulu atau offer-nya tadi.

Daftarkanlah diri anda pada CPA network, itulah langkah awalnya untuk mencari sebuah offer karena beberapa unit offers akan tersedia disana.

CPA network adalah tempat penampungan dari beberapa CPA network. Mereka berperan sebagai penghubung antara pemilik offer dengan affiliate marketer.

Dalam panduan ini anda akan belajar 2 hal:

Cara mendaftar di CPA network dan bagaimana memilih offer yang tepat untuk anda.

Ada beberapa CPA network yang bisa diikuti bagi kita yang tergolong pemula. Berikut ini beberapa CPA network yang umum direkomendasikan dalam berbagai kategori untuk pemula.

PeerFly – bagus untuk pemula, salah satu CPA Network yang cukup besar saat ini
MaxBounty – pendaftarannya cukup ketat tetapi juga salah satu yang terbesar
ClickDealer – bagus untuk yang baru memulai
Neverblue – hampir setara dengan MaxBounty
YeahMobi – salah satu penyedia mobile offers cukup besar
F5Media – CPA Network yang sedang berkembang pesat
CPAGrip – khusus untuk incentive offers

Coba daftar dari beberapa list CPA network tersebut ataupun anda bisa mengikutinya semua, dengan begitu anda bisa memilah beberapa diantaranya yang mendukung dengan kemampuan anda. Akan ada beberapa diantaranya yang bagus, namun ada juga yang kurang profesional. Ada offers yang tergolong kecil ada juga yang besar. Namun yang perlu anda prioritas adalah CPA network yang menerima pemula tanpa perlu memastikan anda dalam persyaratan yang memberatkan.

CPA network yang besar biasanya tidak menerima pemula, mereka hanya ingin marketer yang berpengalaman. Karena itu kalau anda belum punya pengalaman, pilihlah yang menerima pemula. Jika anda masih bingung filter dari beberapa CPA network tersebut, yang termudah pendaftarannya adalah PeerFly, ClickDealer, YeahMobi, dan CPAGrip.
Dalam serangkaian istilah yang tertera di dalam CPA network mungkin anda belum mengenali lebih jauh mengenai pengertian istilah-istilah asing disana, seperti Incentive offers dan Mobile offers

Incentive offers, artinya Penawaran yang anda berikan boleh anda selipkan sebuah incentive atau "iming-iming" untuk orang lain supaya mereka mau menyelesaikan offer tersebut. 

Mobile offers, artinya hanya bisa diselesaikan oleh orang-orang yang menggunakan perangkat mobile seperti iPhone, Android. Contohnya menginstall app. Jika anda pernah melihat insentif yang ditawarkan oleh Whaff App khusus Android mobile maka anda bisa lihat beberapa tawaran menarik disana. Beberapa orang yang tergabung disana akan disuguhi beberapa offers yang nilai komisinya sangat bervariasi seperti pada pick whaff yang usernya hanya akan diberikan imbalan sedikit dibandingkan dengan yang mengerjakan offers premium pick. Pada penawaran pick whaff tugasnya tidak terlalu berat, hanya disuruh install app dan membukanya saja user sudah bisa mendapatkan imbalan antara $0.03 sampai $0.1. Sedangkan pada pick premium tugasnya juga meliputi install App - buka - tahan sampai beberapa hari yang ditentukan sambil memainkan aplikasi tersebut, imbalan yang bisa user dapat pada pick premium ini biasanya berkisar antara $0.25 sampai $1.5. Anda bisa mempelajarinya di Aplikasi Android penghasil uang dari Whaff
Ada satu lagi yang baru-baru ini bermunculan dan offersnya berbasil mobile, offersnya masih belum banyak namun anda juga bisa mulai dari yang kecil dulu karena persyaratannya juga belum ketat. Silahkan anda tengok di CPA offers Sociabuzz

Jika anda pernah membaca syarat ketentuan dari iklan Google adsense disana tertera anda tidak diperbolehkan memberi petunjuk kepada orang lain untuk melakukan aktivitas klik iklan, ataupun memberikan beberapa rayuan, ajakan, iming-iming untuk merangsang orang lain klik iklan Adsense kita. Karena tujuan sebenarnya daripada adanya klik iklan tersebut adalah atas kemauan dari orang lain sendiri, jadi murni tidak ada paksaan ataupun alasan lain yang menjadikan klik iklan tersebut jadi tidak valid. Klik yang didasarkan atas kemauan orang sendiri adalah klik yang valid dan alami. 

Pada dasarnya hal ini cukup berlaku juga pada kondisi aturan main CPA offers, anda tidak boleh memberikan imbalan, misalnya memberikan ebook supaya orang lain mau mendaftarkan email mereka. Jika tindakan anda sudah terindikasi maka anda akan dihukum. Akan tetapi pada incentive offers memperbolehkan hal yang seperti itu.

Cara pendaftaran CPA network agar mudah diterima
Mendaftar pada beberapa CPA network akan butuh beberapa proses seleksi, artinya anda belum bisa melakukan promo seketika setelah anda mendaftar. Akan ada beberapa hal yang mungkin ditanyakan kepada anda sehingga proses pendaftarannya tergolong tidak biasa. Beberapa masukan untuk anda ketahui bagaimana proses pendaftaran anda supaya mudah diterima:
  • Pihak CPA network akan menelepon anda untuk berbicara lebih lanjut sebelum anda diterima bergabung. Tidak semua seperti itu, namun anda perlu siaga untuk hal itu dan berikan nomor yang valid.
  • Sebelum mereka yang menghubungi anda, cukup bagus juga jika anda mendahulu menghubungi mereka  melalui email. Tindakan antusias anda akan memberikan nilai positif bagi mereka.
  • Berikan identitas asli anda pada saat proses pendaftaran, pihak CPA network adalah orang yang berpengalaman dan mereka bisa membedakan antara pemula dan berpengalaman dalam bidang ini. Jangan anda lakukan dengan memberikan pernyataan palsu bahwa anda sudah berpengalaman, katakan saja kondisi sebenarnya kalau anda masih pemula.
  • Beberapa CPA Network mengharuskan anda untuk punya website pribadi, ada juga yang tidak wajib. Kalau anda tidak punya website, jelaskan bagaimana cara anda mempromosikan offers (misalnya melalui iklan PPC, Youtube video, ataupun melalui media sosial)

Jangan ragu daftar di beberapa CPA Network yang khusus menerima pemula, sebelum menggambar sebuah peta anda terlebih dahulu perlu mengelilingi lokasi tersebut. Baru setelah anda punya dasar  pengalaman dibidang ini barulah anda coba ke jenjang network yang lebih besar. Keterbatasan dalam berbahasa Inggris jangan terlalu anda khawatirkan karena tujuan utama mereka menghubungi anda biasanya hanya untuk memastikan apakah anda manusia asli, bukan robot. Pada kenyataannya sebagian besar pendaftar diterima setelah dihubungi, asalkan data yang anda berikan asli.
Setelah pengajuan pendaftaran anda diterima akan ada seorang Affiliate Manager (AM) yang nanti akan memandu anda pada tiap-tiap kesempatan. Sering-seringlah berhubungan dengan AM anda karena dia sebagai mentor pribadi anda pada CPA network tersebut. 

Bagaimana cara memilih CPA offers
Ketika anda masuk ke dashboard akun anda, disana anda akan menemui banyak sekali CPA offers dalam akun CPA network anda dengan berbagai macam kategori maupun jumlahnya yang terhitung ratusan bahkan ribuan.

Anda bisa lihat pada akun peerfly diatas, terdapat sebanyak 1154 results atau offers yang tersedia disana. Kategorinya juga beragam sampai pada kolom earningnya terlihat beragam mulai dari yang nilai CPAnya $1, $1.4, $4.25 bahkan sampai puluhan dolar. Mungkin akan sangat membingungkan bagi anda yang baru mulai dengan hal ini, mungkin juga anda akan langsung memilih iklan yang pay-nya terlihat sangat besar. Semua nilai dari angka-angka tersebut sangat beralasan jika anda melihat beberapa perbedaan penghasilan per Actionnya dari yang kecil sampai yang besar. Ada beberapa pertimbangan dasar yang perlu anda ketahui sebelumnya.

Secara umum, ada beberapa kategori industri atau vertical dalam CPA network, berikut ini beberapa contohnya:
  • Weight loss
  • Fitness
  • Biz-opp (business opportunity)
  • Insurance
  • Dating
  • Adult
  • Skin care, health, & beauty
  • Gaming
  • Mobile: app install & contents
  • Finance
  • Giveaways/Freebies/Sweepstakes

Tiap CPA Network punya kategori yang berbeda-beda, ada yang lengkap, ada juga yang hanya menyediakan beberapa dari kategori di atas.

Agar tidak bingung dalam memilih offer yang bagus, berikut panduannya:
  • Pilih dan fokus di salah satu kategori industri. Biasanya seorang CPA marketer hanya fokus di 1-3 kategori karena kategori tersebut yang mereka sukai dan kuasai.
  • Affiliate manager adalah orang yang paling paham offer mana yang sedang populer dan offer mana yang bagus untuk pemula. Karena itu tanyakan pada affiliate manager anda.
  • Offer yang komisinya rendah biasanya lebih mudah untuk dipromosikan dan lebih mudah mendapatkan konversi. Sebaliknya, offer yang komisinya tinggi lebih sulit. Kalau anda masih pemula, pilihlah offer yang komisinya di bawah $2.
  • Setiap network biasanya punya daftar offers yang sedang populer berdasarkan EPC (earnings per click atau pendapatan per klik) dan volume. Offer yang populer ini bisa menjadi patokan awal anda untuk memilih.

Cek langsung. Setiap offer punya halaman preview supaya anda bisa melihat sendiri apakah offer tersebut meyakinkan atau tidak.