Apa itu Bitcoin? Bagaimana cara mengumpulkannya?

No Comments
Apa itu Bitcoin? Bagaimana cara mengumpulkannya?

Bitcoin menggunakan teknologi peer-to-peer untuk beroperasi, tanpa otoritas pusat atau bank sentral; pengelolaan transaksi dan penerbitan bitcoin dilakukan secara kolektif oleh jaringan. Bitcoin merupakan sumber-terbuka; rancangannya bersifat umum, tidak ada seorang pun yang menjadi pemilik dan mengendalikan Bitcoin dan semua orang dapat mengambil bagian. Dengan sifatnya yang unik, Bitcoin memungkinkan cara-cara penggunaan yang tidak bisa dilakukan oleh sistem pembayaran lain sebelumnya. Begitulah pengertian sederhana yang saya peroleh dari webnya bitcoin.org. Lantas Apa itu Bitcoin? Bagaimana cara mengumpulkannya?

Pengertian yang saya mengerti, bitcoin sama saja dengan sistem pembayaran online seperti halnya paypal, webmoney, neteller, dll. Namun yang saya ketahui selama ini, bitcoin dalam proses pengirimannya tidak tercantum nama siapa orang yang akan kita kirimi. Proses transaksinya simple dan tidak terlalu berbelit-belit saat pembukaan akun. Biodata juga tidak terlalu lengkap seperti kita menggunakan e-payment lainnya. Yang berbahaya disini, bitcoin patokan harganya dikurskan dengan dolar. Jadi disini bitcoin memang beradu sengit dengan rate dolar. Yang pernah saya ketahui sebelumnya sekitar 1 setengah tahun lalu rate bitcoin berkisar antara 13 juta - 14 juta. Entah melalui proses goncangan semacam apa bitcoin nilainya merosot tajam sampai pada akhirnya di tahun 2015 ini nilai 1 bitcoin (BTC) hanya berkisar antara 2,5 juta - 3 juta saja. Saya memberi sedikit ciri khas bitcoin adalah semacam mata uang online yang nilai fluktuasinya sangat tinggi. Cukup berbahaya jika kita menaruh terlalu lama di sistem pembayaran ini. Bitcoin sekarang sudah banyak dipergunakan di merchant2 tertentu dan di broker2 pula.

Selama ini jarang saya menggunakan sistem pembayaran satu ini. Hanya saja saya hanya suka menjadi kolektor coin segar ini. Namun untuk berinvestasi didalamnya tidak. Banyak sekali program yang bisa kita ikuti untuk mengumpulkan beberapa receh bitcoin, Seperti dari Mining, Fauchet, giveway, dll. Begitulah gambaran singkat mengenai bitcoin